Kamis, 29 Agustus 2019 - 07:33:33 WIB

Pemindahan Ibukota ?

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 88 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 29 Agustus 2019

 

Yang pertama kali mengusulkan pemindahan ibu kota ke Kalimantan adalah Semaun. Saat itu Semaun mjd penasihat pribadi Presiden Soekarno dan mengusulkan pemindahan ibu kota ke Palangkaraya.
 
Semaun merupakan pendiri PKI. Dia menjabat sebagai ketua umum PKI. Dibawah bimbingan Sneevliet, Semaun membangun kekuatan PKI utk kalangan kaum buruh di semarang.  PKI berdiri di Semarang pada tahun 1922. Bersama Alimin dan Darsono, Semaun menjadikan Semarang sebagai pusat pergerakan PKI di masanya. 
 
Awalnya Semaun menjadi Ketua SI (Syarikat Islam) Semarang. Tapi dia tidak puas dg kebijakan HOS Tjokroaminoto selaku Ketua SI Pusat. Akhirnya SI Semarang membelot dan berubah menjadi PKI. Cikal bakal PKI dari Semarang inilah maka PKI bisa meluaskan pengaruhnya di Indonesia.
 
Melihat kilas balik sejarah gerakan PKI yg berpusat di Semarang, maka tidak mengherankan jika dulu MMC (Merapi  Merbabu Complex) sangat kuat di jamannya. MMC merupakan tentara merah PKI. Mereka bersembunyi di daerah Merapi Merbabu. Dua gunung yg dijadikan basecamp tentara merah militan pasca kekalahan pemberontakan PKI.
 
MMC dikenal sebagai pasukan merah yg beringas. Tak segan membunuh lawan politiknya ataupun rakyat yg berani menentang. Lokasi bekas persembunyian tentara merah MMC ini masih bisa ditelusuri di lereng Merapi Merbabu. Dan masih banyak para pinisepuh, saksi sejarah kekejaman tentara merah MMC.
 
 
 
 
 
FB>Widi Astuti




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

863635

Pengunjung hari ini : 165
Total pengunjung : 210710
Hits hari ini : 2081
Total Hits : 863635
Pengunjung Online : 4
Menurut Pendapat Anda, Pemilu 2019 ?

Lihat Hasil Poling