Rabu, 04 September 2019 - 20:01:47 WIB

Berbisnis & Bersepeda

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekobiz - Dibaca: 29 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 04 Agustus 2019

 

Bisnis itu seperti bersepeda jarak jauh. Keduanya punya prinsip Kokodifo (komitmen, konsisten, disiplin,  dan fokus).  Komitmen diperlukan saat tujuan sudah ditentukan. Kita perlu memegang teguh atau berjanji pada diri sendiri maupun orang lain lewat perbuatan kita. Tidak sekadar berucap, tapi perlu bertindak. Sebab, nilai komitmen ditentukan sejauah mana kita berani mewujudkan tujuan kita lewat tindakan nyata. 
 
Konsisten diperlukan supaya kita terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian bisa diraih. Tidak plintat plintut. Taat asas. Teguh pendirian. Kita terus bergerak dalam berbagai situasi dan kondisi. Saat ada tanjakan kita tetap mengayuh walau terasa berat. Saat ada turunan, kita tetap mengatur ritme dan kecepatan geraknya. Saat datar, kita  tidak bosan dan terlena. 
 
Disiplin dibutuhkan supaya kita yakin atas nilai-nilai yang dipercaya. Inilah sikap mental yang selalu dibutuhkan dalam berbagai situasi. Kita perlu patuh dan taat atas peraturan,  ketentuan, etika, norma, atau kaidah yang menjadi tanggungjawab kita. Tanpa disiplin yang kuat, kita akan gampang melangar apa yang kita yakini kebenarannya. Disiplin memang tidak mudah. Namun, hanya lewat disiplinlah tujuan bisa diraih. Tak ada yang tiba-tiba, tetapi butuh tindakan selangkah demi selangkah. Sekayuh demi sekayuh. 
 
Dan terakhir fokus. Inilah sikap yang dibutuhkan supaya kita ingat tujuan kita. Kita menyingkinkan segala sesuatu yang mengganggu pencapaian tujuan. Gangguan itu bisa datang dari berbagai situasi. Entah itu karena kesulitan atau bahkan kemudahan. Saat kesulitan datang, kita tidak gampang menyerah. Dan saat tawaran kenikmatan datang, kita tak mudah terlela. Kita harus selalu ingat untuk apa kita bergerak, untuk apa kita berbisnis, dan untuk apa kita bersepeda. Saat pilihan sudah ditentukan, mengingkarinya adalah kebodohan yang tak terampun. 
 
Saya jadi ingat sebuah kalimat yang selalu jadi penyemangat saat saya mulai berwirausaha: "Berwirausaha itu sebuah pilihan. Dan kebenaran sebuah pilihan ditentukan oleh sejauh mana kita berhasil mewujudkannya. Kitalah yang bisa  menjadikan pilihan itu benar atau salah." Salam. #catatanHK, #Motivpruk, motivasi ngacapruk
 
 
 
FB>HK




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

503436

Pengunjung hari ini : 92
Total pengunjung : 186419
Hits hari ini : 164
Total Hits : 503436
Pengunjung Online : 2
Menurut Pendapat Anda, Pemilu 2019 ?

Lihat Hasil Poling