Kamis, 05 September 2019 - 05:52:46 WIB

Komet Halley

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Iptek - Dibaca: 26 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 05 Septembet 2019

 

Ingat tahun 1986 waktu SMP saya menuliskan tentang komet halley di sekolah dan bahas kejadian 1910 munculnya komet halley. Komet halley akan meluncur dekat bumi sekitar 2061 atau sekitar 42 tahun lagi. InsyaAllah kalau panjang umur kejadian 1986muncul lagi. Menggunakan Hukum Isaac Newton tentang gerak, astronom Edmond Halley membuat sebuah prediksi di tahun 1705. Prediksinya terbukti benar. Meskipun dia tidak lagi hidup untuk melihat langsung, komet tersebut dinamakan Halley untuk menghormatinya.
 
Dia menyatakan bahwa komet yang muncul pada tahun 1531, 1607 dan 1682 akan muncul kembali pada tahun 1758. Tahun 1910 koran New York Times melaporkan ramalan mengerikan astronom Prancis, Camille Flammarion. Dia mengingatkan, datangnya Komet Halley membawa gas beracun sianogen yang ada pada ekornya. Koran itu mengutip prediksi Flammarion, ekor komet itu akan memenuhi atmosfer dan dalam waktu sekejap mematikan semua kehidupan di Bumi.
 
Ilmuwan lain membantah prediksi gas beracun tersebut, dengan menyebutkan pendapat itu Flammarion sebagai omong kosong. Sementara astronom lain menjelaskan, molekul gas pada ekor komet itu sangat lemah, sehingga tak ada efek buruk bagi warga. Meski sudah ada bantahan dari ilmuwan lain. namun tetap saja prediksi Flammarion itu disambut kengerian oleh publik saat itu.  Today In Science menuliskan, ketidaktahuan dan ketakutan warga atas fenomena datangnya Komet Halley itu dimanfaatkan oleh kalangan oportunis. Mereka menjual pil komet untuk masyarakat yang takut dan panik. Kalangan oportunis itu menjual pil komet dengan tujuan warga bisa melawan efek gas sianogen. 
 
Ketakutan warga juga tercermin dari sikap defensif dengan datangnya Komet Halley. Laman History menuliskan, sebelum komet berlalu melewati Bumi, masyarakat banyak menutup rumah mereka untuk mencegah asap masuk ke tempat tinggal mereka, mereka juga menyediakan masker gas. 
 
"Di Chicago, dilaporkan wanita menutup pintu dan jendela mencegah uap beracun. Di Haiti, tabib menjual pil komet untuk mencegah pengaruh buruk," tulis laman Hubblesite. Usut punya usut, pembeli pil diberitahu pil terbuat dari kombinasi gula dan kina yang tak berbahaya. Pil itu diklaim membantu menahan gas beracun dari ekor komet. 
 
Polisi menahan kalangan oportunis itu, namun kemudian terpaksa dibiarkan pergi lagi. Semua ketakutan dan kengerian itu ternyata tak terbukti. Pada 20 Mei, setelah ekor Komet Halley melewati Bumi, semua orang masih hidup, dengan atau tanpa meminum pil komet
 
Ada saja manusia yang memanfaatkan kejadian luar biasa jadi bisnis yang "menyesatkan". Jadi ingat ya adik2 yang akan melewati tahun 2061 akan ada isu yg "merepotkan" dan menjual pil komet. :)
 
 
 
 
 
 
FB>Hermansyah2




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

503413

Pengunjung hari ini : 84
Total pengunjung : 186411
Hits hari ini : 141
Total Hits : 503413
Pengunjung Online : 1
Menurut Pendapat Anda, Pemilu 2019 ?

Lihat Hasil Poling