Jumat, 20 Desember 2019 - 05:45:13 WIB

Selamat Tinggal Asuransi

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 95 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 20 Desember 2019

 

Meninggalkan Asuransi
 
Skandal Asuransi Jiwasraya menyeruak. Triliunan dana nasabah tak terbayarkan. Saya ingin berkomentar soal ini, tapi bukan semata soal Jiwasraya. Ijinkan saya bicara soal 'asuransi', dari kacamata lain. Jika ada yang tak berkenan, mohon dibukakan pintu maaf.
 
Sejak lama saya tak tertarik dengan asuransi. Bahkan, dengan dana pensiun pun saya alergi. Saya percaya Tuhan akan memberi saya jalan yang lain. Dulu, tahun 1998 saya jadi wartawan Tempo. Saat itu ada fasilitas dana pensiun DPLK BNI. Besar setoran tiap bulan 10% gaji. Perusahaan mensubsidi sebesar 5%.  Saya satu-satunya karyawan yang menolak program itu. Saya punya keyakinan sendiri untuk masa tua. Tak butuh dana pensiun.
 
Pun dengan asuransi. Saya pernah "cekcok" dengan teman di grup WA alumni SMA. Pasalnya dia gencar jualan asuransi di grup itu. Setiap hari promo dan pamer. Bukan cuma tak nyaman, saya merasa berlebihan jika nasib  masa depan kita ditentukan oleh asuransi. Saya haqqul yakin Allah menjamin rizki untuk saya dan keluarga. Bukan asuransi.
 
Ada beragam asuransi --- kesehatan, kecelakaan, bencana, jiwa dan lain-lain. Saya menghindari semuanya. Saya ingin meluruskan tauhid, sepenuhnya berserah diri pada Allah yang menciptakan kita dari setetes sperma. Kalaulah kemudian saya memiliki kebutuhan, seperti harus berobat ke dokter, bahkan rawat inap di rumah sakit, saya yakin dimampukan Allah. Faktanya hingga kini saya tak pernah kesulitan membayar rumah sakit. Bahkan, saat ditanya admin apakah menggunakan asuransi atau pribadi, pihak rumah sakit lebih senang dengan jawaban saya: pribadi! Dan saya selalu memilih kelas terbaik yang tersedia. Alhamdulillah.
 
Mengapa tak pakai asuransi? Kalau asuransi jiwa, saya jelas tak mau. Saya tak bisa mencerna konsep mendapat uang atas kematian yang datang :) . Asuransi lain? Nah, saya mencoba meninggalkan riba dan gharar yang ada. Kalau pun belum bisa 100% terbebas, setidaknya berupaya maksimal menghindari. Walhasil hidup saya tetap aman. Tak pakai asuransi tak bikin jadi kiamat. Semua berjalan seperti biasa.
 
Tentu saya tahu ada pendapat lain soal asuransi. Saya menghormati pendapat itu, tapi tak mau memakainya. Saya sedang belajar memurnikan tauhid dengan menggantungkan sepenuhnya segala hajat kepada Allah. Dan semoga tulisan pendek ini bermanfaat. Sekali lagi, jika ada yang tak berkenan, mohon dibukakan pintu maaf.
 
Tabik ...
 
 
 
 
FB>Setiyardi Reborn




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

947576

Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 223774
Hits hari ini : 48
Total Hits : 947576
Pengunjung Online : 2
Setujukah Anda bila Jokowi menjabat 3 periode ?

Lihat Hasil Poling