Senin, 01 Februari 2021 - 06:44:08 WIB

SAKSI

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 187 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 01 Pebruari 2021

 

"SAKSI", SERUAN ANTI KORUPSI 
 
Ini adalah sebuah ide yang tertunda...
 
Tahun 2001, saya menggagas sebuah ide untuk mendirikan LSM dengan nama "SAKSI" yang merupakan akronim dari "Seruan Anti Korupsi". Berbeda dengan ICW yang bekerja hingga tahap investigasi, SAKSI fokus pada pendidikan publik. Mekanisme tugasnya adalah  melakukan integrated campaign, dengan tujuan akhir menjadikan "anti korupsi" sebagai life style. 
 
Gagasan ini berangkat dari sebuah "key fact", bahwa "hukum tak henti2nya melakukan  penangkapan terhadap koruptor, namun koruptor2 baru selalu bermunculan. Artinya, penindakan saja, tak akan cukup. Disitulah perlunya public education.
 
Saya sempat mempresentasikan grand strategynya ke Mar'ie Muhammad dan Prof. Amin Azis. Mar'ie melonjak tak sabar. "Totally agree, Mas. Saya langsung saja... minta Anda membawahi divisi itu bersama-sama dalam TI". "TI" adalah kependekan dari "Transparency International", sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan memerangi korupsi politik. Periode itu Mar'ie menjabat sebagai ketuanya. 
 
Mr. Clean itu terbahak ketika saya mempresentasikan desain banner dari kampanye SAKSI ini. Banner2 Pemilu atau Pilkada yang "menjual diri kandidat", diselang-selingi banner SAKSI yang temanya berbunyi "Korupsi itu Maling!". 
 
Dari Prof. Amin Azis saya memperoleh saran yang belum sempat saya realisir, yakni mengajak Faisal Basri untuk bergabung. 
 
Gagasan ini sudah saya patenkan, bahkan sudah tahap akte notaris yayasan.
 
Sayangnya, saya kemudian memperoleh tanggung jawab lain yang tak kalah menantang: memimpin sebuah perusahaan pers. Baru pada tahun 2004, substansi dari gagasan "pendidikan publik" ini saya presentasikan di depan pimpinan KPK yang saya undang hadir ke ruang kerja saya di Senayan. Hadir 4 orang, di antaranya adalah Erry Riyana Harjapamekas dan Amin Sunaryadi. 
 
Yang lucu... ada seorang teman yang sangat tertarik ide ini, dan menyatakan keinginannya untuk bergabung. Saya tanya ke dia, di mana letak menariknya. Jawabannya tak terduga. "Pertama, idenya itu sendiri, brilyan" ujarnya. "Kedua... gue yakin banget lembaga ini akan gampang banget nyari duit". Hahaha... membersit semerbak "aroma korup" di poin keduanya. 
 
Tadi pagi usai subuh... saya buka2 lagi file ide ini. Masih nemu beberapa draft desainnya. Who knows... bisa jadi Allah akan menatih tangan saya untuk kembali mewujudkan gagasan ini. Justru sekarang,  sangat relevan!
 
 
 
 
 
 
 
JSH - FB





Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2609454

Pengunjung hari ini : 410
Total pengunjung : 477329
Hits hari ini : 1354
Total Hits : 2609454
Pengunjung Online : 7
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling