Selasa, 02 Februari 2021 - 08:32:56 WIB

Kudeta Partai

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik - Dibaca: 232 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 02 Pebruari 2021

 

Kudeta Partai
 
1996. Saya baru masuk Jakarta, menjadi wartawan. Profesi wartawan ketika itu sungguh membanggakan. Ini cita-cita lama sejak di bangku kuliah dulu. Itu sebab saat awal kuliah saya telah aktif di pers kampus.
 
Saya menjadi wartawan di Jakarta ketika politik Indonesia memanas. Rejim Orde Baru saat itu tak menyukai Partai Demokrasi Indonesia [PDI] yang dipimpin Megawati Sukarnoputri. Maklumlah, Megawati dianggap sebagai ancaman bagi Pemerintahan Soeharto. Saat itu cuma ada tiga partai: Golkar, PPP dan PDI.
 
Strategi dibuat. Melalui Kongres di Medan, Pemerintahan Soeharto mengambil alih kepemimpinan PDI. Soerjadi, tokoh senior PDI, didapuk menjadi Ketua Umum. Indikator dukungan pemerintah yakni kehadiran Menteri Dalam Negeri Yogie S Memet dan Panglima ABRI Jenderal Feisal Tanjung. Megawati melakukan perlawanan dengan elegan.
 
Tapi akar rumput PDI menolak hasil Kongres Medan. Mereka melakukan perlawanan dengan menjaga kantor DPP di Jalan Diponegoro. Tiap hari digelar aksi mimbar bebas yang menentang kudeta di pucuk pimpinan partai. Sebagai wartawan saya beberapa kali hadir di aksi itu.
 
Pemerintah tak tinggal diam. "Itu bukan Bangsa Indonesia lagi. Saya kira itu PKI," ujar Pangab Jenderal Feisal Tanjung. Dan kita semua ingat, kemudian pada 27 Juli 1996 terjadi penyerangan ke kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro. Ratusan orang berbadan tegap menyerbu. Komnas HAM menyebut hanya lima yang tewas, puluhan hilang, dan ratusan luka. Data sebenarnya kita tak pernah tahu.
 
Tapi, tak ada kekuasaan yang abadi. Tak lama berselang, pada 1998 Rezim Soeharto tumbang. Begitulah ...
 
 
 
 
Setiyardi Reborn - FB
 
 
-------------------------------------------
 
NB : Beranikah rezim saat ini mengkudeta Partai Demokrat yang baru didirikan pada tahun 2001/2 dan mampu menjadikan Ketumnya terpilih pada Pilpres 2004 ??
 




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743075

Pengunjung hari ini : 53
Total pengunjung : 516218
Hits hari ini : 84
Total Hits : 2743075
Pengunjung Online : 3
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling