Minggu, 14 Februari 2021 - 19:24:20 WIB

Kritik Pedas

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik - Dibaca: 1978 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 14 Pebruari 2021

 

HUNDRED FLOWERS MOVEMENT
 
Tahun 1956 - 1957
 
Mao Zhedong, pemimpin China saat itu membuka pintu warganya untuk memberikan kritik kepada pemerintah yang dipimpinnya. Bukan hanya membuka, saat itu bahkan gerakan ini dikampanyekan. 
 
"Biarkan seratus bunga mekar; biarkan seratus aliran pemikiran bersaing.", ujar Mao. Awalnya kebijakan ini ditanggapi secara skeptis. Hanya segelintir cendekiawan yang menyampaikan kritik, itupun dengan bahasa yang amat hati-hati dan halus. 
 
Mao Zhedong kemudian meyakinkan masyarakat, bahwa kritik terhadap pemerintah adalah hal yang amat disukai. Sekali lagi kampanye ini ditekankan lebih massive.
 
Kampanye ini kemudian disambut dengan baik. Banyak warga memberikan kritik & saran kepada rezim komunis itu secara terbuka. Pemerintah menerima ribuan surat setiap hari dari para warga yang menyampaikan kritiknya. Terutama mengenai keadilan sosial dimana terdapat jelas kesenjangan hidup para pejabat partai komunis dengan rakyat banyak.
 
Masyarakat berbicara dengan memasang poster di sekitar kampus, berkumpul di jalan-jalan, mengadakan pertemuan dan menerbitkan artikel majalah. Mahasiswa di Universitas Beijing misalnya, membuat "Tembok Demokratis" di mana mereka mengkritik pemerintah melalui pemasangan poster dan surat.
 
Namun tak lama sesudahnya, kampanye ini dihentikan. Aparat bergerak. Ratusan ribu oposisi ditangkap & disiksa di penjara. Ribuan orang hilang tak jelas rimbanya. Diyakini, 4 juta jiwa menjadi korban aparat setelahnya.
 
 
 
 
 
 
 
~ The Copas ~
 




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2329845

Pengunjung hari ini : 336
Total pengunjung : 439801
Hits hari ini : 3298
Total Hits : 2329845
Pengunjung Online : 5
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling