Rabu, 03 Maret 2021 - 05:41:49 WIB

MABOK

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 125 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 03 Maret 2021

 

Saya pernah tinggal di Sorong-Papua. Bisa dikatakan mabok miras menjadi pemandangan biasa disana. Terlebih jika tanggal muda sekaligus tanggal merah. Dijamin banyak warga  yang begadang pesta miras.
 
Hal yang wajar menemukan seorang terkapar di selokan karena mabok. Tertidur di emperan kios karena tak sadarkan diri. Bisa dikatakan budaya miras bagi wargai Papua sudah melekat erat.
 
Sebagai warga pendatang, saya tidak berani ke luar rumah jika ada yang sedang mabok. Takut terjadi hal-hal buruk yang tak diinginkan. Jadi biasanya saya hanya mengintip, memastikan apakah mereka sudah selesai pesta miras atau belum. 
 
Waktu itu saya tinggal di area terminal. Jadi mudah sekali menemukan orang mabok di malam hari. Mayoritas warga pribumi.
 
Sungguh rasanya tidak nyaman tinggal di lingkungan yang warganya terbiasa mabok miras. Rasa was-was, takut, khawatir, cemas, selalu menghantui. Padahal saat itu miras masih ilegal. Warga masih sembunyi-sembunyi nenggak botol.
 
Tak terbayangkan jika miras dilegalkan, kekacauan seperti apa yang akan terjadi? Segala jenis kriminalitas berawal dari miras. Aneka pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, pencurian, penganiayaan dll berawal dari miras. 
 
Tapi ternyata sekarang miras dilegalkan dengan Perpres nomer 10 tahun 2021. Rasanya ingin memaki dan misuh kepada orang yang melegalkan miras. Pengen mengeluarkan sumpah serapah atas keegoisannya. Hanya demi investasi, rakyatnya boleh nenggak miras sampai modar.
 
Pandemi covid belum berlalu. Musibah banjir hampir merata di pulau Jawa. Belum lagi gunung meletus. Kini ditambah pelegalan miras. 
 
Telooooooooo !!!!!!
 
 
 
 
 
Widi Astuti - FB




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2329903

Pengunjung hari ini : 340
Total pengunjung : 439805
Hits hari ini : 3356
Total Hits : 2329903
Pengunjung Online : 3
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling