Minggu, 18 April 2021 - 05:05:45 WIB

S.A.H.U.R

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Agama & Kepercayaan - Dibaca: 102 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 18 April 2021

 

Malam pertama sahur, pastilah orang-orang ingin berkumpul di rumah. Bersama keluarga tercinta, menyantap makanan dan minuman hangat. Berharap bisa menjdi cadangan tenaga selama seharian.
 
Tapi, pernahkah kita berpikir tentang para tuna wisma yang tak punya rumah? Mereka tak punya tempat berlindung di malam yang sangat dingin. Mereka cukup tidur di emperan toko, beralaskan bumi dan beratapkan langit. Mereka hanya berselimutkan kardus tebal bekas pembungkus kulkas.
 
Ada juga tukang becak yang meringkuk di bawah becaknya. Berselimutkan sarung dekil yang sudah tipis, tubuh tuanya tak bisa menahan dinginnya udara malam. Lansia seusianya harusnya tinggal di dalam rumah yang hangat....
 
Atau tukang parkir yang kurus kering itu? Dia menghisap rokok untuk mengusir hawa dingin. Jaket yang sudah tak jelas warnanya menyelimuti tubuhnya. 
 
Ah, aku jadi malu. Terkadang aku menggerutu dengan para tukang parkir. Mereka seperti jaelangkung, datang tak diundang pergi tak diusir. Mereka muncul dengan tiba-tiba ketika kita sudah menyetarter motor. Dan mereka langsung menghilang ketika sudah dikasih uang parkir. Tapi melihat kondisinya yang harus tidur di emperan toko, sepertinya aku tak akan mengumpat lagi.
 
Mereka adalah kaum pinggiran yang mungkin kita enggan melihatnya. Keberadaan mereka seolah tak diharapkan. Andaikan bisa memilih, mereka juga tak mau menjadi manusia pinggiran. Manusia strata terbawah di daerah perkotaan. Manusia yang selalu dipandang sebelah mata. Tak jarang mereka terkena razia. 
 
Mungkin banyak yang belum faham tentang mereka. Bahwa sebetulnya sebagian dari mereka punya rumah nun jauh di desa. Mereka merantau dan menggelandang di kota demi sesuap nasi. Karena lapangan pekerjaan di desa sangat sulit. Terpaksa mereka menggelandang....sebuah pilihan hidup yang tidak nyaman. Tapi ada juga yang memang benar-benar tidak punya rumah. Menggelandang seumur hidupnya.
 
Jangan kau tanya tentang Corona, mereka tak tau jawabnya. Mereka tak tau apa itu Lockdown, apa itu ODP, PDP, OTG dll...mereka tak tau....yang mereka tau hanyalah bahwa esok hari mereka harus berjuang demi sesuap nasi...
 
Bersyukurlah jika saat ini kita bisa tidur dalam kondisi kenyang. Bisa bersantap sahur, bisa berbuka, bisa berkumpul.dengan keluarga tercinta.... karena di luar sana banyak saudara-saudara kita yang kelaparan dan kedinginan...
 
 
 
 
 
 
 
Widi Astuti - FB



northlich
01 Mei 2021 - 21:44:06 WIB

<a href="http://www.infonumero.net/apple-xr-cover-casec& quot;>apple xr cover</a> <a href="http://www.auvieuxport.net/heren-portemonnee-dr ivers-license-window-tassenb">heren portemonnee drivers license window</a> <a href="http://www.joyofgtd.net/nokia-7-plus-360-kryt-p ouzdroe">nokia 7 plus 360 kryt</a> <a href="http://www.goulddesign.net/plus-size-bustier-fo r-wedding-%C5%A1aty-satyc">plus size bustier for wedding 拧aty</a> <a href="http://www.tucamiseta.net/boston-bruins-new-era -nhl-logo-stacker-9fifty-snapback-berretto-cappelloa" ;>boston bruins new era nhl logo stacker 9fifty snapback berretto</a> <a href="http://www.sruinc.net/clarks-dalia-sierra-boots -bootsa">clarks dalia sierra boots</a>
<a href="http://www.northlich.net/" >northlich</a> [url=http://www.northlich.net/]northlich[/url]

Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2130946

Pengunjung hari ini : 43
Total pengunjung : 425589
Hits hari ini : 69
Total Hits : 2130946
Pengunjung Online : 4
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling