Sabtu, 04 September 2021 - 06:12:29 WIB

Muhasabah dan Dakwah

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Agama & Kepercayaan - Dibaca: 1085 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 04 September 2021

 

 
Berbicara masalah dakwah yang lembut,maka dakwah para nabi/rasul yang patut jadi teladan. Walau mereka dihina, dibenci, diganggu, para nabi/rasul tetap tersenyum dan meneruskan dakwahnya. Tetapi apakah dakwah lembut para nabi/rasul itu langsung diterima oleh kaumnya?. Jawabannya tentu tidak.
 
Nabi Nuh yang ratusan tahun berdakwah, hanya beberapa orang yang mengikutinya. Begitupun Nabi kita, tidak semua masyarakat Mekah langsung menerima dakwah beliau. Ada yang menerima nanti setelah melihat mukjizat, ada yang karena kalah dalam peperangan, dan ada pula yang menolak sampai mati.
Apakah penolakan mereka karena kerasnya dakwah Rasulullah ?,tentunya tidak melainkan karena hati mereka yang keras seperti batu, keras menolak kebenaran, karena hati mereka telah terkunci akan kebenaran.
 
BerIslam adalah masalah hati, bukan masalah otak/akal. Begitu banyak orang yang memiliki banyak ilmu agama, tetapi hatinya tidak mampu memahami dengan benar, sampai akhirnya agama dijabarkan menurut otak/akalnya, bukan dijabarkan menurut ketentuan Allah dan Rasulullah.
 
Begitu banyak orang yang menyampaikam kebenaran dengan dalil-dalil yang jelas namun hati yang terlanjur keras menolaknya, karena mereka menilai kebenaran itu dengan hati yang buta. Sampai akhirnya pembawa kebenaran dianggap/difitnah sebagai teroris, radikal, takfiri dan khawarij kepada para pendakwah tauhid dan jihad.
 
Saudaraku, jagalah selalu hati jangan sampai dibutakan oleh nafsu atau dikuasai oleh setan sehingga kebenaran kita anggap sebagai kesesatan dan kesesatan kita anggap sebagai kebenaran. Ketika kita menganggap dakwah seseorang keras maka periksalah hati, karena mungkin hatilah yang keras. Lembutkan hati dengan memperbanyak istigfar, berzikir, membaca Al Quran, sholat tahajjud, dan berdoa minta petunjuk agar pintu hati kita dibukakan Allah untuk menerima kebenaran
 
Semoga Allah senantiasa menerangi dan melembutkan hati kita sehingga bisa membedakan kebenaran dan kesesatan, memiliki kekuatan untuk menerima kebenaran dan menolak kesesatan.
 
 
 
 
Nini Paraji - FB




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743019

Pengunjung hari ini : 23
Total pengunjung : 516188
Hits hari ini : 28
Total Hits : 2743019
Pengunjung Online : 8
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling