Jumat, 29 Oktober 2021 - 06:28:52 WIB

K.O.S.O.N.G

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan & Humaniora - Dibaca: 136 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 29 Oktober 2021

 

KOSONG
 
Selama berabad-abad kekosongan telah dikutuk.
 
Kekosongan itu indah.
Dan orang-orang bodoh telah memberitahumu. ′′ Pikiran kosong adalah bengkel iblis." Pikiran kosong adalah bengkel Tuhan! Pikiran yang diduduki adalah bengkel iblis.
 
Seseorang harus benar-benar kosong. Bermalas-malasan bukan berarti kamu kosong; tidak berbuat apa-apa bukan berarti kamu kosong.
 
Ribuan pikiran menjengkelkan di dalam.
Anda mungkin malas di luar, tetapi di dalam banyak pekerjaan sedang berlangsung. Banyak dinding yang diciptakan, penjara baru sedang dipersiapkan, sehingga ketika Anda muak dengan yang lama Anda bisa masuk ke dalam yang baru. Rantai lama dapat diputuskan setiap saat sehingga Anda membuat rantai baru jika rantai lama putus; maka Anda akan merasa sangat kosong.
 
Terjadinya secara alamiah - karena itu sifatmu untuk bebas. Sesekali, terlepas dari mu... melihat matahari terbenam, tiba-tiba kau lupa semua keinginan mu. Kamu melupakan semua nafsu, semua kekangan untuk kesenangan. Matahari terbenam begitu indah begitu meluapkan, hingga kau melupakan masa lalu dan masa depan; hanya masa kini yang tersisa.
 
Kamu begitu satu dengan saat ini, tidak ada pengamat dan tidak ada yg diamati. Pengamat menjadi yang diamati. Kamu tidak terpisah dari matahari yg terbenam.
 
Anda dijembatani; dalam persekutuan seperti itu Anda datang ke dalam bersih, dan karena kejelasan Anda merasa gembira. Tapi lagi-lagi kamu kembali ke lubang hitam karena alasan sederhana yang keluar ke dalam pembersihan kamu butuh keberanian untuk tetap berada di langit yang kosong.
 
′′ Itulah yang saya sebut sang pencerah."
Keberanian ini aku sebut pencerahan - bukan melarikan diri tapi datang ke dalam keheningan, melihat langit tak berujung, mendengarkan nyanyian burung-burung tanpa ganguan, Dan lagi dan lagi kau semakin menjadi semakin terpuruk dengan kekosongan dan kegembiraan menjadi kosong. Pelan pelan pelan, kau lihat bahwa kekosongan bukanlah sekadar kekosongan, melainkan kepenuhan yang tak pernah kau sadari, kepenuhan yang tak pernah kau cicipi.
 
Jadi di awal itu terlihat kosong; pada akhirnya penuh, benar-benar penuh, meluap penuh. Penuh kedamaian, penuh keheningan, penuh cahaya."
 
 
 
 
 
 
 
Soebagio Vicky - FB




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743056

Pengunjung hari ini : 45
Total pengunjung : 516210
Hits hari ini : 65
Total Hits : 2743056
Pengunjung Online : 10
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling