Rabu, 03 November 2021 - 05:21:52 WIB

Kembang Kempis

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekobiz - Dibaca: 81 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 03 Nopember 2021

 

BADAN USAHA MILIK NENEK
 
Banyak perusahaan besar pernah mengalami kesulitan, kemudian berusaha bangkit kembali. RIM (Research in Motion), pembuat ponsel BlackBerry pun pernah mengalaminya. Kesulitan menghimpit mereka pada dekade 2010-an. Apa yang mereka lakukan? 
 
Mereka berusaha berubah, salah satukan dengan mencari orang-orang ahli terbaik untuk menyelamatkan perusahaan. Lazaridis dan Basile, duo pendiri RIM mundur, diganti orang muda: Thornsten Heinz, orang Jerman. Tugas dan target yang diberikan padanya cukup berat. Para pemilik saham menekan agar Heinz bisa membangkitkan RIM dari jurang kebangkrutan. 
 
Heinz berusaha cukup keras, tapi rupanya itu tidak cukup. Maka mereka pun mencari orang baru. Orang dengan reputasi sebagai spesialis penyelamat perusahaan. Ditemukanlah: John Chen. Pria keturunan China yang pernah menyelamatkan beberapa perusahaan besar sebelumnya. 
 
Meski sulit, Chen akhirnya bisa menyelamatkan RIM (belakangan nama perusahaan ini diganti jadi BlackBerry Inc). Dia melakukan efisiensi, menghentikan bisnis perangkat (hanya jual merk) dan fokus meningkatkan bisnis software. BlackBerry kembali untung.
 
Dari kisah ini saya dapat kesan bahwa di perusahaan swasta itu demokrasi terkesan lebih hidup dan objektif dibanding BUMN di Indonesia. Ini soal kesan ya, yang kenyataan mungkin tidak kita tahu pasti. Pemilik perusahaan (pemegang saham) bisa memberikan target-target objektif. Pemilihan orang untuk mengelola perusahaan juga fokus pada kinerja dan kapabilitas, bukan karena balas jasa politik dagang sapi bagi-bagi jatah untuk pendukung. 
 
Jadi bagaimana? Flagship carrier kita ditutup saja dan jajaran manajemennya dipindahkan ke maskapai pelat merah lain gitu?
 
 
 
 
 
 
Ibnu Zaini Atmasan - FB




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743029

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 516193
Hits hari ini : 38
Total Hits : 2743029
Pengunjung Online : 6
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling