Jumat, 12 November 2021 - 05:24:51 WIB

Metaverse

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Gaya Hidup - Hobi & Humor - Dibaca: 156 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 12 Nopember 2021

 


APA ITU 'METAVERSE' , LALU APA HUBUNGAN-NYA DENGAN FACEBOOK ?

Kata itu mulai muncul di berita ketika rumor mulai beredar pada pertengahan Oktober 2021 tentang rebranding Facebook lengkap dengan nama baru untuk merangkul komitmen perusahaan terhadap metaverse. Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada jurnalis Casey Newton bahwa pengumuman akan segera datang. Dan itu terjadi..

Metaverse sendiri adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency untuk memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual. Augmented reality melapisi elemen visual, suara, dan input sensorik lainnya ke pengaturan dunia nyata untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Sebaliknya, realitas virtual sepenuhnya virtual dan meningkatkan realitas fiksi.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan nama Meta baru konferensi Facebook's Connect 2021 pada 28 Oktober, dengan situs web barunya mencapnya sebagai  "a social technology company. "Di metaverse, anda akan dapat melakukan hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan, berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, berkreasi, serta pengalaman yang sama sekali baru yang tidak sesuai dengan cara kita berpikir tentang komputer atau ponsel saat ini Di masa depan, anda akan dapat untuk berteleportasi secara instan sebagai hologram untuk berada di kantor tanpa perjalanan, di konser dengan teman, atau di ruang tamu keluarga anda untuk mengejar ketinggalan,"  tulis Zuckerberg dalam "Surat Pendiri, 2021" yang dirilis pada 28 Oktober.

Facebook sebelumnya telah mengumumkan akan membuat tim produk untuk bekerja secara khusus pada proyek terkait metaverse. "Di tahun-tahun mendatang, saya berharap orang-orang akan beralih dari melihat kami terutama sebagai perusahaan media sosial menjadi melihat kami sebagai perusahaan metaverse," kata Zuckerberg pada bulan Juli. "Dalam banyak hal, metaverse adalah ekspresi tertinggi dari teknologi sosial".

Apa itu METAVERSE FACEBOOK?
Metaverse tidak memiliki pencipta tunggal (atau definisi), jadi itu bukan sesuatu yang dimiliki atau sepenuhnya bertanggung jawab untuk dikembangkan oleh Facebook. Namun, Facebook telah banyak berinvestasi dalam metaverse melalui headset Oculus VR-nya, dan itu bekerja pada kacamata AR dan teknologi gelang. Dalam penelitian global dan mitra program untuk memastikan bahwa teknologi metaverse akan dikembangkan secara bertanggung jawab.

Lalu, apa SEBENARNYA METAVERSE Itu?
Facebook mendefinisikan metaverse sebagai satu set ruang virtual di mana anda dapat membuat dan menjelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan anda. Sementara teknologi metaverse masih bertahun-tahun lagi untuk direalisasikan sepenuhnya, diharapkan pada akhirnya akan menjadi tempat di mana anda dapat bekerja, bermain, belajar, berkreasi, berbelanja, dan berinteraksi dengan teman dalam lingkungan virtual online.

Lantas apa PERBEDAAN antara AR dan VR?
Augmented reality melibatkan overlay elemen visual, suara, dan rangsangan sensorik lainnya ke pengaturan dunia nyata untuk meningkatkan pengalaman pengguna. AR dapat diakses dengan smartphone, dan pengguna dapat mengontrol kehadirannya di dunia nyata. Sebagai perbandingan, realitas virtual benar-benar virtual dan meningkatkan realitas fiksi. VR membutuhkan perangkat headset, dan pengguna dikendalikan oleh sistem.

Kata metaverse untuk menggambarkan dunia game, di mana pengguna memiliki karakter yang dapat berjalan-jalan dan berinteraksi dengan pemain lain. Ada juga jenis metaverse tertentu yang menggunakan teknologi blockchain. Dalam hal ini, pengguna dapat membeli tanah virtual dan aset digital lainnya menggunakan cryptocurrency. Banyak buku dan film fiksi ilmiah berlatar metaverse yang lengkap, dunia digital alternatif yang tidak dapat dibedakan dari dunia fisik nyata. Tapi ini masih hal-hal fiksi. Saat ini, sebagian besar ruang virtual lebih terlihat seperti bagian dalam video game daripada kehidupan nyata.

Pertimbangan Khusus banyak buku fiksi ilmiah, serial televisi, dan film berlatar metaverse didunia digital yang tidak dapat dibedakan dari dunia nyata. Faktanya, penulis fiksi ilmiah Neal Stephenson menciptakan istilah "metaverse" dalam novelnya Snow Crash tahun 1992. Dalam buku tersebut, avatar manusia dan agen perangkat lunak berinteraksi dalam ruang virtual tiga dimensi. Seringkali, metaverse sci-fi ini adalah dunia distopia. Konsep ini mengacu pada penggabungan realitas fisik, augmented, dan virtual dalam ruang online bersama.

Saat ini, orang berinteraksi satu sama lain secara online dengan mengunjungi situs web seperti platform media sosial atau menggunakan aplikasi perpesanan. Ide dari metaverse adalah bahwa ia akan menciptakan ruang online baru di mana interaksi orang bisa lebih multi-dimensi, di mana pengguna dapat membenamkan diri dalam konten digital daripada hanya melihatnya.

Reference:
[01] https'//youtu'be/Uvufun6xer8
[[02] https'//www'euronews'com/next/2021/10/18/facebook-to-become-a-metaverse-company-as-it-seeks-place-in-sci-fi-future
[03] https'//globalnews'ca/news/8283124/lwhat-is-metaverse-facebook/?
[04] https'//en'm'wikipedia'org/wiki/Metaverse
[05] https'//www'investopedia'com/metaverse-definition-5206578
[06] https'//www'facebookconnect'com/

 

 

 


Soebagio Vicky - FB




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743139

Pengunjung hari ini : 78
Total pengunjung : 516243
Hits hari ini : 148
Total Hits : 2743139
Pengunjung Online : 5
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling