Rabu, 17 November 2021 - 05:09:56 WIB

Uang dan Kekuasaan

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekobiz - Dibaca: 443 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 17 Nopember 2021

 

Makna uang dan kekuasaan.
Copas..
 
Dahulu kala harta adalah sebidang tanah dan kumpulan ternak. Dari harta itu orang hidup  menghidupi dirinya. Namun belakangan karena manusia semakin bertambah dan kebutuhan semakin meningkat maka kompetisi terbentuk. Harta tidak lagi diartikan ujud phisiknya. Tapi harta telah berubah menjadi selembar document yang dilegitimasi oleh negara. Selembar dokumen itu berkembang menjadi derivative asset bila dilampirkan dengan seperangkat izin ini dan itu. 
 
Kemudian bila dokumen itu dilengkapi dengan project feasibility study maka jadilah ia sebuah akses meraih modal. Bukan dijual tanpi digadaikan. Aset tidak berpindah. Namun uang pindah ke brankas anda. Uang itu berputar untuk kegiatan ekonomi dan menghasilkan laba untuk kemudian digunakan membeli harta lagi. Ini disebut dengan nilai reproduksi capital atau project derivative value.
 
Bila laba semakin banyak maka perusahaan semakin berkembang. Harta tidak lagi berdasarkan harga  perolehan tapi oleh financial analisis, akuntan, underwriter, notarik,  diubah menjadi seperangkat nilai tentang masa depan. Maka jadilah ia dalam lembaran dokumen bernama Saham ( stock). Negara semakin memberikan akses kepada perusahaan untuk menjual nilai itu  melalui pasar modal. Harta menjadi lembaran kertas yang bertebaran dilantai bursa, dan nilainya kadang naik , kadang jatuh. Tapi spread ownership terjadi dengan capital gain berlipat. Orang kecil memperkaya pendiri korporat. 
 
Akses harta untuk terus berkembang tidak hanya dilantai bursa. Tapi juga dipasar uang.  Dokument Saham dijual sebagian dan sebagian lagi digadaikan dalam bentuk REPO maupun penerbitan obligasi. Di samping itu akses permodalan conventional lewat bank terus digali agar harta terus berlipat lewat penguasaan kegiatan ekonomi dari hulu sampai kehilir. 
 
Dari cerita sederhana tersebut diatas perhatikan, bahwa Uang dan harta tidak bisa dipisahkan dengan kekuasaan. Tanpa kekuasaan tidak ada izin usaha,  tidak  ada sertifikat saham, tidak ada sertifikat tanah, tidak ada lantai bursa, tidak ada konsesi bisnis.. Karena kekuasaan pula ada istilah selir dan istri resmi.  Ada istilah pengusaha formal dan informal. Perbedaannya hanya pada selembar dokumen atas nama Republik Indonesia. Bahkan uang yang ditangan anda karena adanya tanda tangan gubernur BI. Tanpa itu , jadi uang palsu. Sanksinya  pidana.
 
Dari pengertian ini, maka capital seperti yang disampaikan oleh Hernado de soto dalam bukunya “The Mystery of Capital” mendapatkan pembenaran. Kapital dapat mereproduksi dirinya sendiri lembaran dokumen yang nilainya bisa diatur. Jadi harta bukanlah ujud fisiknya tapi apa yang tertulis pada dokumen yang dilegitimasi negara. Nah, kalau inginkan uang dan harta, atau kalau ingin mudah mengaksesnya maka dekatilah kekuasaan. Mau lebih banyak lagi? Jadilah penguasa. Di level apapun kekuasaan itu, maka itulah sumberdaya keuangan. tapi jangan lupa berbagi.
 
 
 
 
 
Soebagio Vicky - FB



BzzLM
05 Desember 2021 - 00:34:02 WIB

<a href="https://doxycycline2022.top">buy doxycycline online no prescription</a>

Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743138

Pengunjung hari ini : 78
Total pengunjung : 516243
Hits hari ini : 147
Total Hits : 2743138
Pengunjung Online : 5
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling