Kamis, 18 November 2021 - 15:41:50 WIB

Jejak Langkah

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan & Humaniora - Dibaca: 110 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 18 Nopember 2021

 

Buah Yang Jatuh Dekat Pohonnya
 
Innalillahi wainna ilaihi raajiuun. Kita berduka atas berpulangnya Max Sopacua. Wartawan legendaris, sekaligus politikus senior Partai Demokrat. Orang seusia saya pasti familiar dengan suara Om Max saat memandu acara olah raga di TVRI. Saya ingat saat Beliau menyemangati pemirsa TV di ajang tinju antara Elyas Pical lawan Judo chun.
 
Dan hari ini saya terharu dengan kerendah-hatian AHY, Ketum Demokrat. Ferro Sopacua, anak Max, menyampaikan pada media bahwa AHY langsung mengirimkan ambulans. Saya melihat videonya. Itu sikap terpuji menembus perbedaan politik. AHY mengesampingkan fakta Max sempat menyeberang ke Moeldoko. Teman tetaplah teman. Dan itu abadi. Sikap AHY itu bisa jadi meneladani SBY. Buah yang jatuh dekat pohonnya. 
 
Saya teringat saat bekerja di Kantor Staf Khusus Presiden di era Pak SBY. Suatu kali kami mendapat kabar seorang tokoh didiagnosa tumor otak. Beliau dirawat di Elizabeth Hospital, Singapura. Ini tokoh 'oposisi', yang selalu mengritik keras SBY. Tapi kami mendapat perintah lain: bantu semaksimal mungkin secara diam-diam. Saya, yang cuma 'kroco mumet' di sana, heran bercampur kagum. Mungkin itulah yang disebut sikap negarawan. Saya pun menjalankan tugas itu. Mentransfer uang ke rekening BCA istri tokoh itu. Cukup besar. Tak berapa lama kami mendengar Sang Tokoh wafat. Hal seperti ini kerap dilakukan di era Pak SBY. Tak sekali-dua kali.
 
Hari ini saya senang dengan sikap AHY. Buah yang jatuh dekat pohonnya. Saya kembali belajar, teman tetaplah teman. Jangan pernah meninggalkannya. Meskipun bisa jadi kita menempuh jalan berbeda. Semoga Max Sopacua husnul khatimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan ...
 
 
 
 
 
Setiyardi - FB




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

2743147

Pengunjung hari ini : 80
Total pengunjung : 516245
Hits hari ini : 156
Total Hits : 2743147
Pengunjung Online : 2
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling