Minggu, 21 Agustus 2022 - 20:00:52 WIB

SOGOK

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 611 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 21 Agustus 2022

 

Kuncinya: Hapuskan Jalur Uang
 
Akhir pekan ini kita dikejutkan dengan OTT komisi antirasuah terhadap Rektor Unila, dan pejabat kampus itu. KPK menangkap tangan para petinggi kampus yang menerima sogokan dari calon mahasiswa baru. Beredar kabar total duit terkumpul 5 miliar rupiah.
 
Saya tak percaya peristiwa ini hanya terjadi di Unila. Sebab, saat ini kampus negeri memang membuka jalur "mandiri" --- ini eufimisme dari masuk lewat "jalur uang". Dugaan saya, selama konsep masuk lewat jalur uang ini dibuka, maka peluang sogok-menyogok terbuka lebar.
 
Apa solusinya? Saya rasa konsep yang dulu pernah diterapkan, semacam Sipenmaru atau SMPTN, itu lebih fair. Semua orang, kaya atau miskin, punya peluang sama masuk kampus negeri. Yang penting lolos tes. 
 
Dulu, saya mengalaminya. Sebagai calon mahasiswa miskin, saya diterima di STAN (ikatan dinas), UGM, dan STTTelkom (ikatan dinas). Zaman itu tak ada jalur mandiri. Kalau Anda tak lolos tes, meskipun anak orang kaya, ya wassalam.
 
Mungkin ada baiknya peristiwa OTT Rektor Unila membuat kita berpikir ulang soal jalur uang ini. Saya pikir lebih fair kita kembali ke sistem penerimaan yang dulu, Sipenmaru. Semua berdasarkan nilai tes.
 
Bagaimana kalau kampus negeri butuh duit? Itu kewajiban negara. Dari pada bikin IKN yang tak akan jelas nasibnya, lebih baik duitnya untuk membantu kampus negeri yang menerima banyak mahasiswa pintar, tapi miskin.
 
Salam
 
 
 
 
Setiyardi - FB
 




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

3305020

Pengunjung hari ini : 657
Total pengunjung : 655568
Hits hari ini : 2026
Total Hits : 3305020
Pengunjung Online : 7
Covid-19 tercipta secara ?

Lihat Hasil Poling