Rabu, 12 Juni 2024 - 05:47:18 WIB

Asal-Usul Sate

Diposting oleh : Administrator
Kategori: SosBud & Indonesiana - Dibaca: 101 kali

[suluh.co.id] Jakarta, 12 Juni 2024

 


MUASAL SATE

Sate adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Sejarah sate ini melibatkan perjalanan panjang dari zaman kuno hingga menjadi hidangan yang dicintai oleh banyak orang.

Awalnya, sate diyakini berasal dari wilayah Jawa, Indonesia, pada zaman kekaisaran Majapahit atau bahkan sebelumnya. Namun, jenis daging yang digunakan pada saat itu mungkin berbeda dengan yang kita kenal sekarang. Pada awalnya, sate mungkin dibuat dengan daging burung atau binatang kecil yang diburu.

Selama berabad-abad, sate telah mengalami berbagai perkembangan dan variasi. Pada masa pemerintahan Majapahit, sate disebut dalam naskah kuno yang disebut "Serat Centhini". Sate pada masa itu mungkin tidak menggunakan tusuk bambu seperti yang kita kenal sekarang, tetapi mungkin dimasak dengan cara yang lebih sederhana.

Pengaruh budaya asing juga turut memperkaya sejarah sate. Sejarah kontak antara Indonesia dengan bangsa-bangsa lain, seperti Tiongkok, India, Arab, dan Belanda, juga mempengaruhi evolusi sate. Bumbu-bumbu seperti kecap manis, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya kemungkinan besar diperkenalkan melalui perdagangan dan hubungan budaya.

Pada zaman kolonial Belanda, sate semakin populer di kalangan Belanda dan orang-orang Eropa lainnya. Ini membantu menyebarkan popularitas sate ke luar negeri dan menjadi hidangan internasional yang dikenal di berbagai belahan dunia.

Hari ini, sate merupakan bagian penting dari budaya kuliner Indonesia dan sering dianggap sebagai salah satu makanan nasional Indonesia. Variasi sate yang berbeda-beda, seperti sate ayam, sate kambing, sate sapi, dan bahkan sate seafood, dapat ditemukan di seluruh Indonesia dan menjadi hidangan yang sangat dicintai oleh banyak orang.

Dengan sejarah yang panjang dan beragam, sate tidak hanya mewakili warisan kuliner Indonesia, tetapi juga menjadi bagian dari identitas budaya yang kaya dan beraneka ragam.

 

 



Oenjil W




Isi Komentar :
  • Hari ini 12 juni, tahun 1964 Nelson Mandela divonis penjara seumur hidup
  • Concorde melakukan penerbangan perdananya (24 Mei 1976) dari London ke Washington, D.C ...
  • Pembalap rockie Yamaha, Vinales, menyabet gelar pertamanya di seri MotoGP perdana 2017 di Qatar
  • Ferrari akhirnya memecah kebuntuan setelah pembalapnya Vettel menjuarai GP perdana di musim 2017
  • Hari ini (21/2), 41 tahun silam Presiden Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora pada thn 1966

4897558

Pengunjung hari ini : 443
Total pengunjung : 1072821
Hits hari ini : 1109
Total Hits : 4897558
Pengunjung Online : 10
Apa yang Anda harapkan di 2024 ?

Lihat Hasil Poling