Minggu, 30 Juni 2024 - 18:50:43 WIB
Kategori: Olahraga - Dibaca: 161 kali
Isi Komentar :
Catur : Manusia vs Mesin
Diposting oleh : AdministratorKategori: Olahraga - Dibaca: 161 kali
[suluh.co.id] Jakarta, 30 Juni 2024
CATUR : MANUSIA MELAWAN KOMPUTER
Jika komputer melawan manusia dalam catur siapa kira-kira yang akan menang?
Herbert A. Simon, pemenang Hadiah Nobel Ekonomi pada tahun 1978, menyampaikan pidato pada tahun 1957 didasarkan pada makalah yang ia tulis bersama ilmuwan komputer Allen Newell dan diterbitkan pada tahun 1958. Salah satu prediksinya dalam makalh tersebut adalah : Bahwa dalam sepuluh tahun komputer digital akan menjadi juara catur dunia, kecuali jika peraturan melarangnya untuk berkompetisi.
Sepuluh tahun kemudian komputer ternyata belum bisa mengalahkan juara catur dunia. Masih jauh dari harapan.
Namun pada tahun 1997 komputer catur Deep Blue berhasil mengalahkan juara catur dunia Garry Kasparov dalam pertandingan enam babak. Butuh waktu 30 tahun untuk mewujudkan ramalan tersebut.
Ambisi manusia untuk menciptakan mesin yang bisa mengalahkan juara catur dunia sebenarnya sudah dimulai sejak dulu kala.
Pada tahun 1945 Alan Turing (1912-1954) menggunakan permainan catur sebagai contoh kemampuan komputer. Turing sendiri adalah pemain catur yang lemah. Pada tahun 1947, Alan Turing menetapkan program catur pertama untuk catur.
Pada tahun 1948 komputer UNIVAC diiklankan sebagai komputer terkuat di dunia. Begitu kuatnya, sehingga ia bisa bermain catur dan gin rummy dengan sangat sempurna sehingga tidak ada lawan manusia yang bisa mengalahkannya. Tapi hanya iklan...
Pada tahun 1952 Alick Glennie, yang menulis kompiler komputer pertama, mengalahkan program catur Alan Turing, TurboChamp. Dia adalah orang pertama yang mengalahkan program komputer dalam catur. Turing tidak pernah menyelesaikan program bermain caturnya
Pada tahun 1957, sebuah program catur ditulis oleh Alex Bernstein di MIT untuk IBM 704. Program tersebut dapat melakukan 42.000 instruksi per detik dan memiliki memori 70 K.
Pada tahun 1957 Herbert Simon mengatakan bahwa dalam waktu 10 tahun, komputer digital akan menjadi juara catur dunia (dan ternyata tidak terbukti).
Pada tahun 1958, sebuah program catur (NSS) mengalahkan pemain manusia untuk pertama kalinya. Pemain manusianya adalah seorang sekretaris yang diajari cara bermain catur satu jam sebelum bermain dengan komputer. Program komputer dimainkan pada IBM 704. Komputer tersebut menunjukkan tingkat keahlian bermain catur yang lebih tinggi daripada yang dapat diperoleh manusia dewasa dari satu jam pengajaran catur. Mengalahkan sekertaris yang baru diajari satu jam bermain catur sungguh cemen...!
Pada tahun 1959 beberapa pemrogram komputer catur pertama meramalkan bahwa komputer catur akan menjadi juara catur dunia sebelum tahun 1970. Lagi-lagi ramalan yang terlalu ambisius.
Pada musim semi tahun 1967, MacHACK VI menjadi program pertama yang mengalahkan manusia (peringkat 1510 USCF), di Kejuaraan Negara Massachussets. Hingga akhir tahun, mereka telah bermain di empat turnamen catur. Ia memenangkan 3 pertandingan, kalah 12 kali, dan seri 3 kali. Masih lebih banyak kalahnya ketimbang menang melawan manusia.
Pada tahun 1968 Master Internasional David Levy membuat taruhan $3.000 bahwa tidak ada komputer catur yang bisa mengalahkannya dalam 10 tahun. Dia memenangkan taruhannya. Taruhan awal adalah dengan John McCarthy, seorang peneliti terkemuka di bidang Kecerdasan Buatan di Stanford. Taruhan tersebut dibuat pada Lokakarya Kecerdasan Mesin tahun 1968 di Universitas Edinburgh.
Pada tahun 1970 kejuaraan semua komputer pertama diadakan di New York dan dimenangkan oleh CHESS 3.0 (CDC 6400), sebuah program yang ditulis oleh Slate, Atkin dan Gorlen di Northwestern University. Enam program telah mengikuti Kejuaraan Komputer Amerika Utara Association for Computing Machinery (ACM) yang pertama. Acara ini diselenggarakan oleh Monty Newborn. Program lainnya adalah DALY CP, J Brit, COKO III, SCHACH, dan Marsland CP.
Pada tahun 1971 CHESS 3.5 memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-2, yang diadakan di Chicago. Pada tahun 1972 CHESS 3.6 memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-3 yang diadakan di Boston. Pada tahun 1973 CHESS 4.0 memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-4, yang diadakan di Atlanta.
Pada tahun 1974 KAISSA (ICL 4/70) memenangkan kejuaraan catur komputer dunia pertama yang diadakan di Stockholm dengan skor sempurna 4-0. Itu diprogram oleh Donskoy dan Arlazarov. Juara 2 diraih CHESS 4.0
Pada tahun 1974 RIBBIT memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-5 yang diadakan di San Diego. Pada tahun 1975 CHESS 4.4 memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-6, yang diadakan di Minneapolis. Pada tahun 1976 CHESS 4.5 memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-7. Pada tahun 1977 CHESS 4.6 memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-8, yang diadakan di Seattle. Pada tahun 1978 BELLE memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-9 yang diadakan di Washington, DC. Pada tahun 1980 BELLE memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-11, yang diadakan di Nashville. Pada tahun 1981 BELLE memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-12 yang diadakan di Los Angeles. Pada tahun 1982 BELLE memenangkan kejuaraan komputer ACM ke-13 yang diadakan di Dallas.
Pada tahun 1977 Michael Stean menjadi grandmaster pertama yang kalah dari komputer. Tapi ini adalah permainan catur kilat, bukan catur klasik. Kalau soal kecepatan mah mesin kayaknya bisa jauh lebih jago deh...!
Pada tahun 1982 BELLE disita oleh Departemen Luar Negeri saat sedang menuju Uni Soviet untuk berpartisipasi dalam turnamen catur komputer. Departemen Luar Negeri menyatakan pengiriman komputer berteknologi tinggi ke negara asing merupakan pelanggaran terhadap undang-undang transfer teknologi. BELLE kemudian bermain di kejuaraan kecepatan AS Terbuka dan menempati posisi ke-2.
Pada tahun 1985 Kasparov bermain melawan 15 komputer catur terbaik di Hamburg, Jerman dan memenangkan setiap pertandingan, dengan skor 32-0. Kemenangan manusia yang telak...!
Pada tahun 1988 HITECH memenangkan Kejuaraan Catur Negara Bagian Pennsylvania setelah mengalahkan Master Internasional Ed Formanek (2485). HITECH mengalahkan Grandmaster Arnold Denker dalam sebuah pertandingan. HITECH menjadi komputer catur pertama yang mampu mengimbangi kekuatan Grandmaster. Sebuah kemajuan yang signifikan dalam perkembangan komputer catur.
Pada tahun 1988 Grandmaster Bent Larsen menjadi GM pertama yang kalah dari komputer di turnamen besar - Amerika Terbuka.
Pada tahun 1989 DEEP THOUGHT memenangkan kejuaraan komputer dunia ke-6 di Edmonton, dengan skor 5-0. DEEP THOUGHT mengalahkan Grandmaster Robert Byrne dalam pertandingan. Pada bulan Maret 1989, Garry Kasparov mengalahkan Deep Thought dalam sebuah pertandingan dengan memenangkan 2 pertandingan. Deep Thought dengan mudah mengalahkan Master Internasional David Levy dalam pertandingan dengan 4 kemenangan. Pengembang Deep Thought mengklaim komputer akan menjadi juara catur dunia dalam tiga tahun.
Pada tahun 1989 Olimpiade Catur Komputer pertama diadakan di London. Jadi ini pertandingan catur klas olimpiade tapi khusus untuk komputer.
Pada tahun 1990 Juara Dunia Anatoly Karpov kalah dari MEPHISTO dalam pameran serentak di Munich. MEPHISTO juga mengalahkan grandmaster Robert Huebner dan David Bronstein. MEPHISTO memenangkan kejuaraan blitz Jerman dan mendapatkan norma Master Internasional dengan mencetak skor 7-4 di Dortmund Terbuka. Tapi ini bukan pertandingan resmi.
Pada tahun 1992 Kasparov melawan Fritz 2 dalam pertandingan 5 menit di Cologne, Jerman. Kasparov memenangkan pertandingan dengan 6 kemenangan, 1 seri, dan 4 kekalahan. Ini adalah pertama kalinya sebuah program dapat mengalahkan juara dunia catur kilat, meski secara keseluruhan masih dimenangkan oleh Kasparov.
Pada bulan Maret 1993 GM Judit Polgar kalah dari Deep Thought dalam pertandingan 30 menit. Sekedar info, Judit Polgár (lahir 23 Juli 1976) adalah seorang grandmaster catur Hungaria. Ia dianggap sebagai pemain catur perempuan terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1991, Polgár memperoleh gelar grandmaster saat masih berusia 15 tahun dan 4 bulan, dan pada masa itu merupakan orang termuda yang memperoleh gelar tersebut dan telah memecahkan rekor mantan juara dunia Bobby Fischer.
Pada tahun 1994 Kasparov kalah dari Fritz 3 di Munich dalam turnamen kilat. Program tersebut juga mengalahkan Anand, Short, Gelfand, dan Kramnik. Kasparov memainkan pertandingan kedua dengan Fritz 3, dan menang dengan 4 kemenangan, 2 kali seri, dan tanpa kekalahan. Pada bulan November 1995, Kasparov mengalahkan Fritz 4 di London dengan kemenangan dan sekali seri. Dia kemudian melawan Genius 3.0 di Cologne dan memenangkan pertandingan dengan satu kemenangan dan satu kali seri. Kasparov masih terlalu tangguh bagi para mesin tersebut.
Tantangan catur Manusia Versus Komputer Piala Harvard ke-6 diadakan di New York pada bulan Desember 1995. Grandmaster menang dengan skor 23,5 dan skor komputer 12,5. Para grandmaster masih terlalu tangguh untuk komputer yang paling canggih saat itu.
Pada bulan Februari 1996, Garry Kasparov mengalahkan komputer catur DEEP BLUE IBM 4-2 di Philadelphia. Deep Blue memenangkan pertandingan pertama, menjadi komputer pertama yang mengalahkan juara catur dunia di tingkat turnamen dalam kondisi turnamen yang serius. Deep Blue menghitung 50 miliar posisi setiap 3 menit. Kasparov menghitung 10 posisi setiap 3 menit. DEEP BLUE memiliki 200 prosesor. Kasparov menggunakan otak jeniusnya.
Turnamen Catur Komputer AEGON (Manusia vs Mesin) ke-11 diselenggarakan pada tanggal 10-17 April 1996 di Den Haag, Belanda. Terdapat 50 master, Master Internasional, dan Grandmaster serta 50 komputer (sebagian besar diputar di mesin HP Pentium-166 dengan RAM 16MB). Yasser Seirawan menjuarai ajang tersebut dengan 6 kemenangan beruntun dan tanpa kekalahan. Komputer terbaik adalah QUEST, dengan 4,5/6 dan peringkat kinerja 2652. Mesin menang dengan 162,5 poin versus manusia dengan 137,5 poin. Tapi juaranya masih manusia.
Pada bulan Februari 1996, Garry Kasparov mengalahkan komputer catur DEEP BLUE IBM 4-2 di Philadelphia.
Pada tanggal 11 Mei 1997, DEEP BLUE mengalahkan Garry Kasparov dalam pertandingan 6 babak yang diadakan di New York. Ini adalah pertama kalinya komputer mengalahkan juara dunia dalam pertandingan catur klasik. DEEP BLUE memiliki 30 prosesor IBM RS-6000 SP yang dipadukan dengan 480 chip catur. Itu bisa mengevaluasi 200 juta gerakan per detik.
11 Mei 1997 dianggap sebagai titik balik ketika superkomputer kecerdasan buatan (AI) Deep Blue akhirnya mencapai apa yang telah dijanjikan para pengembang selama beberapa dekade. Garry Kasparov tumbang dengan skor 2 1/2 - 3 1/2 ...! Juara catur dunia Garry Kasparov melirik papan caturnya untuk terakhir kalinya dengan penuh emosi sebelum keluar dari ruangan: Sang Raja Catur baru saja dikalahkan oleh komputer.
Ini adalah momen yang "luar biasa", kata pakar AI Philippe Rolet kepada Agence France-Presse (AFP), meskipun dampak teknologi yang bertahan lama tidak terlalu besar. “Kemenangan Deep Blue menyadarkan orang-orang bahwa mesin bisa sekuat manusia, bahkan di wilayah mereka sendiri,” ujarnya.
Pengembang di IBM, AS. perusahaan yang membentuk Deep Blue, sangat gembira dengan kemenangan tersebut tetapi dengan cepat kembali fokus pada signifikansi yang lebih luas. "Ini bukan tentang manusia versus mesin. Ini benar-benar tentang bagaimana kita, manusia, menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah-masalah sulit," kata ketua tim Deep Blue Chung-Jen Tan setelah pertandingan, menyebutkan kemungkinan manfaat dari analisis keuangan hingga prakiraan cuaca.
Saat ini Facebook, Google, dan perusahaan teknologi lainnya telah mendorong AI ke berbagai arah. Mereka telah mendorong mesin AI yang semakin canggih dengan jumlah data yang tak terbayangkan dari penggunanya, menyajikan konten dan iklan yang ditargetkan tanpa pandang bulu, serta membentuk perusahaan bernilai triliunan dolar dalam prosesnya.
Teknologi AI kini membantu menentukan apa pun mulai dari suhu ruangan hingga harga asuransi kendaraan. Perangkat mulai dari penyedot debu hingga bel pintu dilengkapi dengan serangkaian sensor untuk melengkapi sistem AI dengan data guna menargetkan konsumen dengan lebih baik.
Meskipun para kritikus mengeluhkan hilangnya privasi, para penggemar percaya bahwa produk AI membuat hidup semua orang lebih mudah.
Apakah komputer akan seterusnya mengalahkan manusia dalam catur? Tidak juga. Pada bulan Oktober 2002, Kramnik bermain imbang dengan Deep Fritz di Bahrain dengan skor 4-4. Kramnik memenangkan game 2 dan 3. Deep Fritz memenangkan game 5 dan 6. Sisa game (1, 7, dan 8) seri.
Dari 26 Januari hingga 7 Februari 2003, Kasparov bermain lawan Deep Junior 7 di New York. Pertandingan berakhir imbang. Kasparov memenangkan game 1. Deep Junior memenangkan game 3. Sisa game (game 2, 4, 5, dan 6) seri.
Pada 11-18 November 2003, Kasparov bermain melawan X3dFritz di New York. Pertandingan itu imbang 2-2. Fritz memenangkan game ke-2. Kasparov memenangkan game ke-3. Game 1 dan 4 diundi. Pada tahun 2005, tim komputer (Hydra, Deep Junior, dan Fritz) mengalahkan Vesilin Topalov, Ruslan Ponomariov, dan Sergey Karjakin (rating rata-rata 2681) dalam pertandingan dengan skor 8,5 hingga 3,5.
Terlepas dari kalahnya dengan mesin, Kasparov tidak terpengaruh oleh semakin dominannya posisi AI. “Tidak ada bukti bahwa mesin mengancam kita,” katanya kepada AFP. Bahaya sebenarnya bukan berasal dari robot pembunuh, melainkan dari manusia – karena manusia masih memonopoli kejahatan.”
Denpasar, 28 Juni 2024
Satria Dharma
0 Komentar :
Isi Komentar :
|
|